Selamat datang pengunjung ngaridfamily.blogspot.com, apabila anda mempunyai keluhan, saran, kritik atau pertanyaan mengenai Ngarid Family silahkan hubungi kami di https://www.facebook.com/ngaridfamily. Terimakasih atas kunjungannya. Ngarid Family: Cara Mengembalikan File Flaskdisk/MMC yang Hilang Tanpa Software

Cara Mengembalikan File Flaskdisk/MMC yang Hilang Tanpa Software

File "hilang" dari flaskdisk? 



Banyak orang yang tanpa sadar terkena virus (secara umum, entah trojan/worm/whatever), dan mengatakan sudah membersihkan virus yang ada. Tapi kemudian merasa file yang ada tersebut kemudian hilang “dimakan” virus.
Terkadang file tersebut tidak hilang, hanya disembunyikan, yaitu diubah atributnya menjadi hidden. Properti hidden ada 2 jenis, System Hidden, dan Hidden. Tidak penting apa itu, yang penting bagaimana mengembalikannya bukan?
Caranya gampang. Sangat gampang kalau mau dibilang. Terlebih dahulu mungkin lebih baik kita cek file yang “hilang” tersebut masih ada atau tidak. Buka command prompt. Jangan takut hanya karena kita akan menggunakan command prompt, sehingga anda berhenti membaca dan membuka artikel lain. Ini lebih gampang dibandingkan anda harus mendownload program yang tidak jelas dan mungkin mengandung virus lain.
Bagaimana cara menjalankan command prompt? Cara singkatnya adalah dengan membuka Run, dengan klik Start kemudian pilih Run. Setelah jendela Run terbuka, ketik cmd dan tekan enter.


Cara lain adalah dengan klik Start, All Programs, Accesories, Command Prompt. Setelah itu, masuk ke drive flashdisk anda. Yang huruf itu lho? Kalau di komputer saya ada di H:, jadi di command prompt yang berjalan saya akan mengetikkan H: kemudian tekan enter. Jangan lupa menambahkan titik dua " : " setelah huruf H.


Lalu kita cek apakah file yang “hilang” masih ada dengan command “dir /a” lalu tekan enter, yang juga akan me-list semua file, termasuk yang hidden.


Jika file yang anda anggap “hilang” ada, maka cara ini bisa mengembalikan file anda yang “hilang” tersebut. Jika tidak ada, maaf, cara ini bukan cara yang tepat dan silahkan googling kembali. 
Selanjutnya kita akan membuat semua file yang “hilang” kembali, dengan command 
attrib * -r -h -s /s /d   lalu tekan enter.



Tunggu hingga prosesnya selesai, karena dia akan bekerja untuk seluruh file yang ada di flash disk anda. Memang tidak akan muncul loading, tapi tunggulah beberapa saat. Dan kemudian file yang “hilang” akan kembali. Selamat! Jika ingin tahu kegunaan attrib, bisa melihatnya dengan command attrib /?, yang akan menjelaskan kegunaan tiap parameternya.
Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat. Bagi yang masih kurang jelas silahkan tinggalkan comment atau hubungi kami di facebook www.facebook.com/ngaridfamily .



Sumber :  http://dneeid.wordpress.com









0 komentar:

Posting Komentar